Saturday, May 8, 2010

Aku ingin ke India

Kalau aku bisa pergi bersamamu…

Aku ingin pergi ke India,

Aku ingin memasang bindi di dahiku, melukis tanganku dengan henna, memakai gelang-gelang besar beraneka warna di kaki dan tanganku, membuatnya gemerincing menemani hariku;
Aku ingin larut dalam indahnya warna-warni sari, hiruk pikuk jalan raya, riuhnya orang-orang berbicara, hangatnya nasi kari beraroma tajam;
Aku ingin menikmati kegembiraan bertukar hadiah, lezatnya manisan, indahnya cahaya lentera-lentera penghalau gelap di perayaan Diwali;
Aku ingin membasuh diri di sungai Gangga, mencuri kesuciannya, berharap adanya sedikit pengampunan dosa kelak saat ajal menjelang;
Aku ingin ikut perang bubuk berwarna dan air warna warni di perayaan Holi, bernyanyi, menari di bawah bulan purnama;
Aku ingin pergi ke kuil Ischon, Guruvayoor, Dwarkadhish, Dwarka, Manthura, Vrindava… ke tempat pangeran biruku dipuja…mempersembahkan bunga untuknya;
Aku ingin ke Kashmir menengok atap dunia menatap putihnya salju menyelimuti Himalaya menikmati teh berempah kayu manis;
Aku ingin duduk memandang senja menjelang di tepian Yamuna di tempat dia bertemu kekasihnya, Krishna…

No comments: